DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

06 February 2018, 23:57 WIB
Last Updated 2018-02-06T16:57:11Z
PASAR

Sirkuit BMX Ciamis, Wajah Baru Destinasi Wisata Ciamis Hadirkan Perdagangan Kreatif di Hari Minggu

Advertisement
Sirkuit BMX Ciamis, salah satu sirkuit BMX kelas internasional di Indonesia, yang oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis di area parkirknya akan dijadikan destinasi perdagangan kreatif  bagi para warganya. (Foto: Ist)
MEJAHIJAU.NET, Ciamis - Destinasi baru untuk mengisi liburan di Minggu pagi di kota Ciamis kini bisa dijumpai di area parkir Sirkuit BMX Ciamis, yang berlokasi di Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. 

Di area parkir Sirkuit BMX Ciamis akan dihadirkan perdagangan kreatif mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, dan aneka produk kreatif lainya.

Aktivitas perdagangan kreatif akan dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB.  Dan di area parkir tersebut, setidaknya akan diisi 386 pedagang kreatif yang terdiri dari 291 pedagang asal Ciamis dan sisanya sebanyak 85 dari luar Ciamis.

"Pembukaan perdagangan kreatif di area parkir BMX Ciamis ini, merupakan salah satu wujud nyata keinginan Pemerintaha Kabupaten Ciamis untuk menata para pedagang yang sebelumnya berdagang di Taman Raflesia Ciamis agar di hari Minggu tidak berjualan lagi disitu, tetapi bergeser ke area parkir BMX Cigembor Ciamis," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Yusuf, melalui Kepala Bidang Perdagangan Fadlil Mubarak, kepada awak media, Selasa, 6 Februari 2018.

Mubarak mengatakan, selain upaya penataan pedagang, dan memberi ruang usaha bagi para pedagang, pembukaan perdagangan kreatif di area parkir BMX Ciamis, juga dimaksud untuk menambah ruang hiburan bagi warga Ciamis.

"Pada hari Minggu kita berharap taman Raflesia dapat dijadikan sarana olahraga, dan tempat bertemu warga bersama keluarganya untuk bercengkerama. Sementara di area parkir BMX Ciamis, ada destinasi perdagangan kreatif, karena para pedagang di Taman Raflesia sudah bergeser ke sana" terang Yusuf.

Mubarak menjelaskan, proses pemindahan PKL ke area parkir BMX bisa terwujud dalam kurung waktu kurang lebih dua bulan, mulai dari proses sosialisasi sampai dengan pemindahan.

"Dan Alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti, dan semua terlaksana tepat waktu," imbuh Fadlil.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Fadlil Mubarak.
(Foto: Anggoro)
Dengan penataan para PKL ini, tambahnya, maka di Taman Raflesia pada hari minggu tidak akan ada lagi para PKL, dan Rafklesia akan menjadi layaknya sebuah taman yang asri, indah sejuk dan nyaman. 

Taman Raflesia sendiri bisa menjadi pilihan utama untuk sarana bertemu dan berkumpul keluarga dan juga menjadi sarana olah raga ringan mengisi waktu di hari libur minggu.

"Sedangkan di area parkir BMX warga bisa sambil menikmati cerahnya pagi di hari libur, juga mencari-cari kebutuhan sehari-hari, mulai kebutuhan kuliner, sampai dengan kebutuhan sandang dan lain-lain," ucap Fadlil.


.anggoro/me