DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

30 July 2018, 14:57 WIB
Last Updated 2018-07-30T08:03:58Z
NARKOBAPOLISI

Dalih Eks Wadir Narkoba Polda Kalbar Bawa Sabu ke Jakarta untuk Uji Lab

Advertisement
Mantan Wadir Reserse Narkoba Polda Kalbar, AKBP Hartono
MEJAHIJAU.NET, Pontianak - Eks Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat (Kalbar) AKBP Hartono yang tertangkap membawa sabu di bandara Soekarno Hatta (Soetta) berdalih sabu yang dibawanya hendak diuji coba di laboratorium. 

Namun dalihnya tersebut tidak diperkuat dengan surat tugas untuk itu, yaitu melakukan uji laboratorium.

"Ia beralasan membawa barang bukti akan dilakukan uji laboratorium di Jakarta, tetapi tanpa adanya surat tugas. Sehingga dia tidak bisa mempertanggungjawabkan terkait sabu-sabu yang dibawanya, dan sekarang sedang dilakukan pemeriksaan di Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Nanang Purnomo kepada Antara di Pontianak, Senin, 30 Juli 2018.

Menurut keterangan dia (AKBP Hartono) pergi ke Jakarta dalam rangka menjalankan tugas, tetapi sebenarnya tidak, dan dia datang ke sana, tanpa izin datang ke sana, tandas Nanang.

Nanang menambahkan, sebelum ke Jakarta, Hartono terlebih dahulu mampir ke rumahnya di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Dia mau melakukan uji laboratorium hari ini (Senin), karena dia berangkat Jumat (27/7), maka menyempatkan diri dulu ke rumah keluarganya di Kendari," terang Nanang.

Seperti diberitakan, Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat, AKBP Hartono, tertangkap membawa sabu saat akan melewati Security Check Point 2 Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Minggu, 29 Juli 2018.

Petugas Aviation Security-nya (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta menemukan sabu seberat 23,8 gram saat melakukan pemeriksaan badan atas oknum perwira polisi tersebut.

Petugas bandara menyerahkan Hartono ke Polres Bandara Soetta, dan selanjutnya petugas Polres Bandara Soetta menyerahkan Hartono ke Mabes Polri.

Tidak lama berselang, Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono mencopot AKBP Hartono sebagai Wadir Reserse Narkoba Polda Kalbar sebagaimana tertuang dalam surat Telegram Kapolri No ST/1855/VII/2018, tanggal 28 Juli 2018.

Sementara dalam pemeriksaan urine yang dilakukan Polda Metro Jaya terhadap Hartono, diketahui hasilnya negatif.

"(Hasilnya) negatif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (30/7).

Diketahui, sebelum menjabat sebagai Wadir Reserse Polda Kalbar, Hartono pernah menjabat Kapolres di wilayah Sulawesi.


.poltak/me