19 September 2020, 18:58 WIB
Last Updated 2020-09-19T11:58:01Z
POLISI

Kapolsek Ciamis, Pimpin Langsung Operasi Yustisi

Advertisement



MEJAHIJAU.NET, CIAMIS - Kepolisian Sektor Ciamis, Polres Ciamis, Polda Jabar, bersama unsur Muspika, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Baregbeg, melaksanakan kegiatan Operasi Yustisi, penegakan disiplin menggunakan masker.


Operasi ini digelar di Jalan Raya Kawali, Depan Puskesmas Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (19/09/2020).


Operasi ini dipimpin oleh Panit I Reskrim Polsek Ciamis, Ipda Purwahyo TW, dan diikuti oleh puluhan personel gabungan. 


Terdiri dari 10 personel Polsek Ciamis, 5 anggota Koramil Ciamis, 5 anggota Kecamatan Baregbeg, dan 5 anggota PKM Baregbeg.


Operasi ini dilakukan guna menumbuhkan kesadaran terhadap masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.


Selain itu juga sebagai upaya pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang kembali diterapkan di wilayah hukum Polsek Ciamis, Polres Ciamis.


Kapolsek Ciamis, Kompol H. Nia Kurnia, SH., M.H., mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, penggunaan masker merupakan suatu kewajiban.


Kewajiban menjaga kesehatan adalah merupakan kedisiplinan pribadi yang harus diterapkan dengan kesadaran sendiri.


"Disamping harus mematuhi Protokol Kesehatan masyarakat, sebagai pengguna Jalan, juga harus mematuhi aturan Lalu Lintas. Pada kendaraan bermotor upayakan menggunakan kunci ganda untuk mengantisipasi kejadian pencurian kendaraan bermotor," kata Kompol Nia.


Selain memberikan edukasi tentang pencegahan Covid-19, kata Kapolsek, petugas gabungan juga melaksanakan penertiban kepada warga yang tidak menggunakan masker. Mereka yang melanggar diberikan teguran, dan diberikan masker gratis oleh petugas dilapangan.


"Semoga dengan kegiatan ini masyarakat semakin sadar, dan disiplin untuk selalu menggunakan masker ditengah situasi pandemi Covid-19. Sehingga dapat bersama-sama mendukung program Pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19, dengan selalu menerapkan Protokol Kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun diair mengalir," tandasnya.


Kompol Nia, menambahkan dalam pelaksanaan operasi dilaksanakan juga kegiatan pembagian masker. Sebanyak 20 buah masker dibagikan kepada warga yang tidak menggunakan masker.


"Sebanyak 20 orang diberikan teguran lisan, dan 10 orang diberi sanksi fisik," katanya. (BE)