16 June 2023, 21:18 WIB
Last Updated 2023-07-29T10:01:01Z

Kegiatan Pembukaan Sensus Pertanian 2023 (SP 2023) Bada Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar Di Hadiri Forkopinda

Advertisement

 

Photo Bersama Walikota Banjar H.Ade Uu Sukaesih.M.Si.,  DalamRangka Pembukaan Sensus Pertanian 2023 ( SP 2023 )
      


Banjar, Mejahijau.net - Polsek Banjar Pada hari ini kamis 15 juni 2023 bertempat di Aula Toserba Padjadjaran,Jalan Perintis kemerdekaan Kota Banjar, telah dilaksanakan kegiatan Pembukaan Sensus Pertanian 2023 (SP 2023) Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar, dan Kegiatan Pembukaan Sensus Pertanian tersebut dibuka langsung oleh Walikota Banjar (Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih., M.Si).

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Banjar Menyampaikan Pelaksanakan kegiatan tersebut “selama dua bulan dengan tujuan untuk pendataan usaha pertanian di seluruh wilayah Kota Banjar baik Usaha Pertanian Perorangan (UPP), Usaha Pertanian Berbadan Hukum (UPB) dan Usaha Pertanian Lainnya”.



“Sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) juga mengacu pada program badan pangan dunia atau FAO. Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) telah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 15 Mei 2023 lalu di Istana Negara Jakarta”.

Presiden Joko widodo menyatakan bahwa pertanian merupakan sektor yang strategis dan melibatkan hajat hidup orang banyak. Sehingga Presiden menegaskan perlunya akurasi data Sensus Pertanian 2023 (ST2023) untuk menghasilkan akurasi kebijakan.

Saya mengajak atau dukungannya kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menyukseskan Sensus Pertanian 2023 (ST2023).

Walikota Banjar menyebutkan sekaligus membuka Kegiatan Sensus Pertanian,
” saya berharap hasil dari sensus penduduk mampu menjadi acuan untuk mengambil keputusan di bidang pertanian. Juga, sensus dapat berjalan lancar sehingga menghasilkan data yang akurat ”

“Pemerintah Kota Banjar mendukung penuh kegiatan ini, dinas terkait tolong berikan dukungan bersama-sama kita menyukseskan sensus pertanian di Kota Banjar. Dimana tujuan sensus ini sendiri guna memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 1999 yaitu BPS wajib mengumumkan rencana penyelenggaraan sensus kepada masyarakat sebelum pelaksanaan.

Dengan objek sensus atau responden dari keluarga yang melakukan kegiatan pertanian di Kota Banjar. Atas nama Pemerintah kita juga turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi tinginya.

Perlunya kolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat (tidak hanya petani) agar proses lapangan ST2023 dapat diterima di seluruh warga Kota Banjar yang dimulai pada 1 Juni sampai 31 Juli 2023 mendatang.

Sensus pertanian juga mendukung program penuntasan kemiskinan yang menyasar rumah tangga pertanian dan membutuhkan basis data pertanian yang mutakhir dan berkualitas.(WAN)