DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

20 May 2018, 14:34 WIB
Last Updated 2018-05-20T07:34:42Z
ISUPOLISI

Dosen USU Ditangkap, Sebut Bom 3 Gereja Surabaya Rekayasa

Advertisement
Dosen USU, Himma Dewiyana Lubis, ditangkap petugas Polda Sumut karena postinganya di Facebook yang menyebut bom 3 gereja di Surabaya sebagai rekayasa pemerintah. (Foto: Ist)
MEJAHIJAU.NET, Medan - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU), Himma Dewiyana Lubis, 46, ditangkap petugas Direktorat Krimsus Subdit Cybercrime Polda Sumut, terkait postingan di akun Facebooknya yang menyebut bom 3 gereja di Surabaya adalah sebuah rekayasa.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU ini ditangkap di rumahnya Jalan Melinjo II, Komplek Johor Permai, Medan, Sabtu, 19 Mei 2018, kemarin sore.

Himma ditangkap karena salah satu postinganya di media sosial Facebook yang berbunyi: "Skenario pengalihan yg sempurna… #2019GantiPresiden”. 

Pengalihan yang dimaksud adalah serangan teroris atas 3 buah gereja di Surabaya, bom di Mapoltabes Surabaya, dan bom Sidoarjo, yang terjadi Minggu pekan lalu.

Postingan Himma segera viral hingga mengundang perdebatan hangat dan diduga menyampaikan ujaran kebencian.

Setelah postingannya viral, Himma langsung menutup akun facebooknya. Namun, postingannya sudah terlanjur discreenshoot netizen dan dibagikan ke media daring.

“Himma ditangkap dalam perkara diduga adanya pelanggaran tindak pidana ujaran kebencian. Ia kita tangkap karena menyebutkan setiap orang dengan sengaja menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE,” kata Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan, Minggu (20/5).

Disebutkan Tatan,  Himma membuat status itu, karena terbawa suasana dan emosi didalam media sosial facebook dengan maraknya caption /tulisan #2019GantiPresiden.

Di samping itu Himma merasa kecewa dengan pemerintah saat ini, yang menurutnya semua kebutuhan pada naik dan hal itu tidak sesuai janji pada saat kampanye 2014.

Namun karena statusnya telah meresahkan masyarakat, personil Cybercrime Polda Sumut yang melaporkan sendiri akun tersebut dalam dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh pelaku dapat diusut.

“Petugas kita telah memeriksa saksi dan menyita barang bukti berupa handphone Iphone 6S dan SIM card milik pelaku untuk kepentingan penyidikan.

Polisi juga melakukan Digital Forensik terhadap handphone pelaku Himma dan melakukan pendalaman bilamana ada motif lain terkait pemostingan ujaran kebencian yang dimaksud,”sebut Tatan.

Tatan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam memposting sesuatu di medsos. Karena setiap postingan di media sosial memiliki pertanggungjawaban hukum sesuai diatur dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang Undang nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE. 



*/me