DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

19 January 2020, 19:18 WIB
Last Updated 2020-01-19T12:19:41Z
AKTIVIS

Milenial Kota Banjar Bangun Literasi Melalui Lapak Baca

Advertisement
( Antusia Warga Banjar saat mengunjungi Lapak Baca Gratis dari komunitas Jalan Aksara Kota Banjar di Taman Kota Lapang Bakti kota Banjar )



MEJAHIJAU.NET, BANJAR - Perpustakaan Jalan Aksara Kota Banjar merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang literasi. Agenda utama Komunitas tersebut yakni dengan menyediakan lapak baca gratis. Lapak gratis tersebut dibuka setiap hari Minggu yang bertempat di area Lapang Bakti, Kota Banjar.

Berangkat dari kekhawatiran akan kurangnya minat baca bagi masyarakat Banjar, Yosef dan beberapa rekan lainnnya yang sebelumnya pernah bersama-sama menggeluti bidang literasi kemudian tergerak untuk menginisiasi satu gerakan dengan membuka lapak baca di tengah keramaian masyarakat Banjar.

“Karena tujuan kami sama, bahwa melalui bacaan, pembaca dapat sadar akan realita yang terjadi di sekitar mereka yang kemudian dapat melakukan suatu aksi nyata,” kata Yosef, salah satu inisiator dari komunitas Jalan Aksara, Minggu (19/01/2020).

Menurut Yosef, Perpustakaan dengan konsep lapak baca gratis memang sudah banyak ditemukan di beberapa kota di Indonesia, seperti Lampung, Tanjung Pinang, Bandung, Purbalingga, Yogyakarta, dan sebagainya. Bahkan di Kota Banjar, konsep serupa dapat ditemukan di beberapa tempat berbeda.

“ dari sekian banyak komunitas yang sejenis, Perpustakaan Jalan Aksara Kota Banjar menawarkan konsep berbeda melalui lapak baca gratis yang setiap minggu hadir di tengah keramaian masyarakat yang ada di Taman Kota banjar”,Imbuhnya.

Tia, salah satu pembaca asal Lakbok Kabupaten Ciamis mengatakan, keberadaan kegiatan seperti ini sangat bagus apalagi yang melakukannya anak muda karena di Indonesia khusunya di kota Banjar minat baca itu sudah kurang terutama pada anak kecil, tapi dengan adanya kegiatan ini anak kecil bisa di giring untuk memiliki minat baca dengan melihat lapak gratis saat mereka jalan-jalan di tempat keramaian di kota Banjar.

"Ini kegiatan bagus, bisa menumbuhkan minat baca bagi anak kecil saat melihat lapak baca buku gratis di tengah keramaian yang sering dijadikan tempat bermain dan berolahraga oleh mereka", Ujarnya.

Perpustakaan Jalan Aksara memiliki Buku hasil sumbangan dari para donatur. Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai genre, seperti novel, biografi, hingga buku-buku pergerakan. Mereka dikelola oleh para anggota komunitas Jalan Aksara.(BM)