DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

21 March 2020, 15:21 WIB
Last Updated 2020-03-21T08:21:30Z
BIROKRAT

Pemkot Banjar siapkan Milyaran Rupiah untuk pencegahan COVID-19

Advertisement
( Pemkot Banjar Siapkan Anggaran untuk penvegahan Virus Corona )


MEJAHIJAU.NET, BANJAR - Dalam menghadapi pencegahan COVID-19 yang belakangan ini meresahkan masyarakat, Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Banjar akan siapkan Anggaran Milyaran Rupiah. 

Asep Mulyana, Kepala Bidang Anggaran BPPKAD mengatakan, Dirinya masih menunggu perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) penanganan pencegahan COVID-19 dari Dinas Kesehatan dan RSUD kota Banjar yang merupakan leading sector penanganan COVID-19. 

"Kami masih menunggu RAB penanganan pencegahan COVID-19 dari dinkes dan RSUD yang merupakan leading sector penanganan COVID-19, Kami memiliki anggaran biaya tidak terduga (BTT) sebesar Rp. 1 Milyard tahun ini", Jelasnya. 

Asep menambahkan, jika anggaran yang dibutuhkan diatas Rp. 1 Milyar,  maka kebijakan  pemerintahan daerah bisa menganggarkan dengan dasar Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No 9 tahun 2020 tentang penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan. 

"Jika anggaran lebih dari 1 Milyard maka atas dasar Permenkeu No 9 Tahun 2020 tentang penggunaan DAK kesehatan sekitar senilai 9 Milyard Rupiah bisa di siapkan , Rincian Oprasional Kesehatan (BOK) Rp. 8 Milyard dan fisiknya Rp. 1,7 Milyard", Tuturnya. 

Lebih lanjut Asep menjelaskan, Anggaran juga bisa disesuaikan dari perimbangan APBN sesuai Permenkeu No 19 tahun 2020 tentang penanganan COVID-19

"Setelah selesai RAB disusun Dinkes dan RSUD dan diketahui berapa-berapanya langsung kami serahkan, nanti tinggal walikota menggeser dari post mana untung anggaran penanganan COVID-19, Bisa Dari BTT, DAK Kesehatan, atau dari dana Perimbangan" Pungkasnya. (BM).