DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

09 June 2020, 16:25 WIB
Last Updated 2020-06-09T09:25:59Z
BIROKRAT

BNNK Ciamis Rapid Tes Covid-19

Advertisement
( 31 Pegawai BNNK Ciamis melaksanakan Rapid Test )


MEJAHIJAU.NET, CIAMIS - Dalam rangka antisipasi penyebarluasan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan pemeriksaan rapid test kepada 31 pegawai di lingkungan BNNK Ciamis. Rapid test dilakukan di Klinik Pratama BNNK Ciamis, Jawa Barat, Selasa (9 Juni 2020).

Pemeriksaan rapid test dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 BNNK Ciamis yang dipimpin oleh Ketua Tim Pelaksana sekaligus selaku penanggung jawab Klinik Pratama BNNK Ciamis, dr. Joti Dariwanawati Soewono.

Usai kegiatan, dr. Joti mengatakan, Ditengah pandemi Covid-19, BNNK Ciamis menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan dalam pelaksanaan rapid test. 

" para pegawai BNNK Ciamis diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke Klinik, dilanjutkan dengan pendataan identitas melalui pengisian formulir di meja pendaftaran",Ujarnya.

Menurutnya, Sebelum memulai pemeriksaan, tim medis menanyakan aktivitas yang dilakukan para pegawai dibeberapa waktu sebelumnya. Selain itu juga ditanyakan riwayat penyakit apakah pernah mengalami demam, sakit pilek, batuk, dan sesak nafas.

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., mengatakan, pelaksanaan kegiatan rapid test saat ini merupakan langkah awal sebagai deteksi dini bagi pegawai BNNK Ciamis dari penyebaran Covid-19. Ini juga untuk mengantisipasi kalau ada pegawai yang reaktif bisa ditangani lebih cepat dan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menindaklanjutinya.

"Mudah-mudahan hasil dari rapid test Covid-19 ini hasilnya negatif semua," harap Engkos. 

Engkos menjelaskan, untuk mengurangi resiko terinfeksi atau penyebaran Covid-19, beberapa langkah pencegahan di lingkungan kerja yang telah diterapkan di BNNK Ciamis yaitu selalu memakai masker, pengecekan suhu tubuh saat memasuki kantor, cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter, mengurangi kegiatan tatap muka, menutup mulut dan hidung jika batuk atau bersin, melakukan karantina mandiri di rumah jika ada pegawai BNNK Ciamis yang merasa kurang sehat dan senantiasa tetap aktif berolahraga. BNNK Ciamis juga memberikan makanan pendukung daya tahan tubuh dan vitamin kepada pegawai yang bekerja di kantor agar selalu terjaga stamina dan kesehatannya.

"Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19," pungkas Engkos.

Sementara itu, Kasubbag Umum BNNK Ciamis, Aris Nuryana S.Sos., menambahkan bahwa selain rapid test, BNNK Ciamis telah melakukan beberapa upaya dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19, antara lain pembentukan Satgas Covid-19 BNNK Ciamis, penerapan work from home, penerapan social dan physical distancing, melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan kantor, peningkatan pengamanan personil dengan melakukan pendataan pegawai yang sakit melalui "self assessment dan active assessment", pembuatan aturan dan protokol tentang tata cara bekerja di tengah wabah covid-19 serta melakukan pengawasan melekat terhadap pegawai BNNK Ciamis agar tidak melakukan pelanggaran terhadap imbauan pemerintah untuk tidak keluar wilayah dan mudik lebaran pada waktu yang lalu. 

"Kami berharap seluruh pegawai BNNK Ciamis melakukan Rapid test sebagai salah satu langkah deteksi dini dalam pencegahan penyebaran Covid-19," kata Aris. (AO).