DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

08 July 2020, 07:38 WIB
Last Updated 2020-07-08T00:38:01Z
BIROKRAT

Desa Bantarsari Lonching Bumdes Mart Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Advertisement
(Dirut Bumdes Desa Bantarsari Didampingi Kepala Desa dan Perangkatnya serta Caman Pamarican saat Louncing Bumdes Mart )


MEJAHIJAU.NET, CIAMIS -  Desa Bantarsari Kecamatan Pamarican kabupaten Ciamis lakukan terobosan baru dengan berinovasi melaui Bumdes dan melounching " Bumdes Maju Bersama "
dengan di bukanya Bumdes Mart ( toko Sembako ), senin 06-07-20.


Supriatna Direktur Bumdes Maju Bersama Desa Bantarsari kecamatan Pamarican saat di temui langsung di lapangan mengatakan, dengan adanya Bumdes Mart ini, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, artinya kehadiran Bumdes Mart bukan sebagai penyaing  warung yang ada di wilayah desa, justru sebaliknya, Bumdes Mart akan membantu warung warung yang berada  di wilayaha Desa Bantarsari agar berbelanja kebutuhan sembakonya dan lain lain, tidak terlau jauh keluar dari desa.

"Bumdes akan selalu bekerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa, untuk sementara di kelola anggota Bumdes sebagai pelayananan nya", Kata Supriatna.

Supriatna menjelaskan, Sebelum louncing Bumdes Mart, Bumbes senidiri sudah melayani masyarakat dengan Program pelayanan PAM air bersih yang di salurkan kepada 100 warga.

"ini baru satu dusun awalnya kedepanya akan lebih di kembangkan lagi",lanjutnya.

Supriatna menambahkan, disamping itu, Bumdes juga melayani Kebututuhan Gas elpiji, dan juga mengelola sewa mesin molen dll.

"dengan kepercayaan pemerintah Desa terhadap Bumdes sampai saat mampu menambah Pendapatan Asli Desa ( P A Des ) sebesar 11 jt per tahun dari hasil pengelolaanyaj, Ungkapnya.

Sementara Kepl Desa Bantarsari, H. Adang S menuturkan, dengan di bukanya Bumdes Mart di wilayah desa bukan untuk menyaingi warung warung yg berada di desa tapi untuk memfasilitasi konsumennya disamping melayani warga masyarakat dan untuk harga juga di sesuaikan.

"bisa dikatakan Bumdes Mart sebagi distributor/ Mitra warung- warung di wilayah desa Bantarsari",Jelasnya.

Totong selaku Camat Kecamatan Pamarican kabupaten Ciamis mengapresiasi Inovasi Desa Bantarsari, menueutnya setelah membuka langsung lounching Bumdes Mart, dirinya berharap, sesuai amanat Undang Undang Desa, suatu keharusan Dana yang di kucurkan  salah satu untuk alokasi Bumdes. 

"tujuannya Desa untuk lebih bisa mandiri mampu meningkatkan Kesejahteraan dan peningkatan perekonomian desa beserta masyarakatnya, tinggal bagai mana mengelolanya dengan baik dan benar",paparnya.

Totong menambahkan, dari 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Pamarincan, menurutnya, semua sudah menjalankan program Bumdesnya, tinggal peningkatan program programnya.

"semua Bumdes Di 14 Desa sudah beejalan, tinggal mengembangkan",pungkasnya. (WAN ).