DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

24 July 2020, 23:39 WIB
Last Updated 2020-07-24T16:39:10Z
peristiwa

Korban Penipuan CPNS di Kemenag Datangi Mapolres Banjar

Advertisement
( Para Korban Penipuan CPNS Lingkungan Kemenag Kota Banjar Melaporkan Kasusnya ke Polres Banjar )

BANJAR, Polres Banjar, Polda Jabar didatangi Sepuluh orang korban beserta Kuasa Hukum Kasus penipuan CPNS dilingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dari Lima Belas Korban yang sebagian besarnya guru baik di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah (MA) kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Mereka menanyakan perkembangan dan melaporkan kembali kasus penipuan yang sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah korban.

Surip, Salah seorang korban penipuan CPNS membeberkan kejadian kasus tersebut. Menurutnya, kasus terjadi pada tahun 2016 lalu. Pada saat itu dirinya, dan guru lainnya ditawari CPNS oleh salah satu PNS Kemenag kota Banjar berinisial AS yang saat ini sudah pensiun. Dia dijanjikan oleh AS menjadi PNS tanpa testing. Kemudian diminta untuk transper uang sebesar Rp 60 juta ke rekening atas nama Bambang Riyanto.

“Uang itu, pengakuan AS untuk SP seorang PNS yang saat ini masih bekerja di Kemenag pusat,” Paparnya.

Sebelumnya, lanjut Surip, lima orang korban penipuan CPNS juga sudah membuat laporan ke Polres Banjar. Menurut Surip, Bahkan pengakuan dirinya korban yang sama seperti dirinya bukan hanya di kota Banjar saja, ada dari luar kota Banjar seperti Pangandaran dan Subang juga sama banyak korban.

“Bahkan ada korban yang transfer sampai Rp 90 juta.  Jadi totalnya yang di Banjar 15 orang,” Jelasnya.

Surip menambahkan, lima orang korban yang sebelumnya lapor ke Polres Banjar menurutnya kedua pihak sempat mediasi. Pelaku tanbahnya membuat pernyataan dan berjanji akan mengembalikan uang. Akan tetapi sampai batas waktu yang telah disepakati pelaku belum juga mengembalikan uang yang sudah di tranper oleh korban.

 “Saya harap kasus ini diusut tuntas oleh pihak kepolisian,” bebernya.

Sementara itu kasat Reskrim Polres Banjar AKP Budi Nuryanto membenarkan bahwa ada sepuluh orang korban kasus penipuan CPNS yang mendatangi Mapolres Banjar. Kata Yanto, kasus ini sudah ditangai bahkan naik ke tahap penyidikan. 

“Ada lima orang korban yang membuat laporan ke Mako Polres Banjar. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan terkait kasus tersebut. Sudah kami tangani dan sudah naik penyidikan,” Pungkasnya. ( Ateng/AO )