DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

10 September 2020, 07:47 WIB
Last Updated 2020-09-14T00:49:59Z
BIROKRAT

Hut Gong Perdamaian Dunia Ke- 11 simbol Persaudaraan

Advertisement
(Wakil Bupati Ciamis bersama Para tokoh Adat menabuh Gong Perdamian dunia sebagai simbol peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke-11)


MEJAHIJAU.NET, CIAMIS - Diawali kirab kebhinekaan oleh para pelajar, dan juga tim seni dan masyarakat adat dengan membawa lambang Garuda, 9 bendera merah putih, 9 umbul-umbul merah dan umbul-umbul putih perlambang rasa cinta terhadap tanah air mengiringi Wakil Bupati Ciamis dan para tokoh kebudayaan ke pelataran Gong Perdamaian dengan diiringi seni gemyung, dogdog, kolotik dan angklung buncis sebagai pembuka HUT Gong Perdamaian Dunia Ke-11 tahun 2020 yang dilaksanakan di kawasan Situs Ciung Wanara Karangkamulyan Kecamatan Cijeunjing, Ciamis, Rabu (9/9/2020).


Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan bahwa Gong Perdamaian Dunia di Kabupaten Ciamis merupakan simbol persaudaraan dan berharap maknanya harus diimplementasikan dalam kehidupan.


“Filosofinya tetap membangun persaudaraan,”ungkap Yana usai prosesi HUT Gong Perdamaian Dunia ke-11 yang ditabuh setahun sekali.


Dia menambahkan, perbedaan itu takdir. Tapi persatuan, kebersamaan dan perdamaian sesuatu yang harus diusahakan. 


“Mengingatkan kita agar tetap bersaudara dan bersatu,” ujar Yana.


Prosesi dilanjutkan dengan ngawasuh (mencuci) gong menggunakan pohon hanjuang dengan air yang berasal dari 9 lokasi kabuyutan ; Situ Lengkong Panjalu, Cikawali Kawali, Jambansari, Galuh Salawe, Situs Karangkamulyan, Kertabumi, Pulau Majeti dan Kampung Adat Kuta.


Ketua Forum Gong Perdamaian Dunia Kabupaten Ciamis Aip Syarifudin menambahkan, Keberadaan Gong Perdamaian Dunia di Kabupaten Ciamis merupakan sesuatu yang istimewa. Karena merupakan satu-satunya di Jawa Barat dari 5 Gong Perdamaian Dunia yang ada di Indonesia.


Aip juga mengungkapkan alasan Gong Perdamaian Dunia ditempatkan di Kabupaten Ciamis.


“Sejak kerajaan Galuh, Ciamis dikenal sangat menjunjung tinggi nilai perdamaian,” terangnya.


Menurutnya, peringatan ini memiliki makna dan nilai filosofis. Semangat perdamaian yang telah ditanamkan sesepuh Galuh dan sunda jaman dulu di Ciamis harus tetap terjaga dan terpelihara.


Ditengah pandemi Covid-19, tambah Aip tanpa mengurangi makna, perayaan tradisi HUT Gong Perdamaian Dunia tahun ini berlangsung sederhana dan terbatas tanpa mengundang banyak orang termasuk para raja dari perwakilan forum silaturahmi keraton nusantara, hanya dari PKUB Kabupaten Ciamis. ( WAN ).