09 August 2023, 09:28 WIB
Last Updated 2023-08-09T02:29:54Z
Headlineperistiwa

Dokumen Penting Desa Waringinsari Hilang, Diduga Dicuri Orang Dalam

Advertisement

 

Sekertaris Desa Waringinsari, Syaeful Anwar

Banjar, Mejahijau.net - Dokumen penting milik Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat hilang dicuri orang. Kondisi dokumen yang hilang kini dalam proses pemeriksaan Inspektorat. 


Menurut keterangan, di duga pelaku salah satunya  oknum Anggota Badan Pengawas Desa (BPD) Waringinsari. 


Kepala Desa melalui Sekertaris Desa Waringinsari, Syaeful Anwar mengatakan, di duga pelaku ada tiga orang diantaranya Anggota BPD. 


"Ketiga pelaku sudah mengakui, yang pertama Berinisal M sebagai tukang rongsok, yang kedua berinisal H sebagai Sekertaris BPD di Desa dan pelaku selanjutnya berinisial MJ," kata Syaeful, saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.


Menurut dia, pelaku mengambil dokumen Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tahun 2013 hingga tahun 2021 yang disimpan di gudang Desa Waringinsari. Saeful menjelaskan, kejadian tersebut diketahui setelah ada pelaporan salah seorang petugas di Desa Waringinsari pada tanggal 14 juli siang. 


"Awalnya saya mendapatkan laporan dari kaur umum soal SPJ yang disimpan di gudang hilang, kemudian kami langsung memberi laporan kepada inspektorat," ungkapnya. 


Menurut Syaeful, Usai melaporkan kepada Inspektorat, pihaknya diarahkan untuk membuat laporan kepada pihak kepolisian tentang kehilangan arsip dokumen negara. 


Sejauh ini, kata Saeful, pihak Desa Waringinsari sudah melaporkan kasus ini kepada polres kota banjar. 


"Dan sekarang pemerintah Desa sedang menunggu hasil ataupun pemanggilan-pemanggilan saksi untuk proses yang akan ditempuh," ucap dia. 


"Kami berharap kasus ini ditindak lanjut, karena, ini berkaitannya dengan arsip negara. Jangan sampai arsip tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya. (DS).