16 August 2023, 20:43 WIB
Last Updated 2023-08-18T11:57:05Z
AKTIVIS

Galian C Di Ciamis Dikeluhkan Warga Sekitar

Advertisement

 


Ciamis, Mejahijau.net - Adanya tambang galian C  membuat riak di tengah masyarakat beberapa hari belakangan ini menjadi perbincangan di masyarakat melalui video yang beredar 


Sebuah potongan vidio berdurasi 30 detik dan 15 detik memperlihatkan keresahan salah seorang warga dengan adanya pencemaran polusi udara yang bersumber dari aktifitas tambang galian C.


Pada tayangan video tersebut memperlihatkan sebuah mobil dump truck sedang menuju ke lokasi tambang dengan kondisi mencemari lingkungan sehingga memicu keluhan warga setempat. 


Diduga Tambang galian C tersebut berlokasi di blok Wira dusun Sindanghaji, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.


Di dalam Video yang berdurasi 30 detik tersebut terdengar suara warga yang mengatakan "masyarakat kecil juga butuh jaminan kesehatan ya pak ya, jadi mohon diperhatikan dikarenakan situasi sangat ngebul" kata seorang warga setempat. 


"begitu pak, mohon perhatiannya demi kesehatan masyarakat Sindang Haji blok wira" ucapnya. 


Dalam video yang berdurasi 15 detik terdengar suara warga yang sama mengatakan, "nah inilah hari-hari yang saya alami dan udara yang saya hisap" 


"Demikian, buat bapa-bapa disana" pungkasnya  berlatar kondisi lingkungan dengan debu berterbangan. (DU).