16 August 2023, 08:25 WIB
Last Updated 2023-08-18T12:00:10Z
ISU

Supervisi Pengawas Disdik Ciamis dipertanyakan

Advertisement


Ciamis, Mejahijau.net - Pembangunan Laboratorium Komputer SMPN 2 Lakbok Kabupaten Ciamis dengan nilai anggaran Rp. 399.613.000 yang dikerjakan oleh pihak CV. Linuhung Indah banyak menuai pertanyaan.


Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dana penugasan bidang pendidikan Tahun Anggaran 2023 dengan waktu pelaksanaan 90 hari kalender.


Berdasarkan pantauan lapangan pelaksanaan pekerjaan tersebut diduga selain mengabaikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) berkaitan dengan Banner informasi proyek yang awalnya disembunyikan ,juga Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L)


Ade Rianto, pelaksana yang ditunjuk dari pihak perusahaan,mengakui terkait safety atau fasilitas K3 tidak ada perintah dari pihak perusahaan (CV. Linuhung), adapun terkait banner informasi proyek dipasangkan ketika dipertanyakan 


“Pekerjaan sudah hampir 2 bulan dan pembangunan fisik sudah sekitar 80% tapi soal tidak memakai safety, soalnya engga ada konfirmasi dari CV (pihak perusahaan),” katanya Selasa, (15/8/2023).


Selain itu, Ade membenarkan pekerjaan tersebut dikerjakan dengan cara manual atau tidak memakai mesin molen ketika ditanya proses pengadukan matrial 


“iya, Kan, kalau saya mah disini hanya pelaporan barang yang kurang dan sampai mana tahapan pembangunannya,” ucapnya.


Sementara itu, jumlah pekerja yang mengerjakan pembangunan sekitar 15 pekerja.


“Untuk minggu pertama ada 4 orang terus minggu kedua nambah jadi 10 hingga 15 orang dan sekarang ada 5 orang,” ujarnya.  (DU).