27 September 2023, 14:25 WIB
Last Updated 2023-09-28T05:17:02Z

SMK Negeri 1 Kabupaten Ciamis Sekolah Pertama Pelopor Sekolah Sadar Jaminan Sosial.

Advertisement

 

Photo bersama kepala sekolah SMK N1 Ciamis  Dra.Hj.Nunung Erni N dan Ilham Fathurahman BPJS Ketenegakerjaan serta Disnaker Provinsi Jawa Barat



Ciamis, Mejahijau.net.- Sebanyak 552 Siswa / siswi yang didampingi beberapa Guru Pembingbingnya Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Ciamis ( SMK N 1 Ciamis ) akan melaksanakan program wajib sekolah Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) tahun 2023-2024 di 7 kota / Kabupaten termasuk Jakarta dan Jogjakarta. 


Sebelum pemberangkatan  PKL semua Siswa/ siswi di berikan pembakalan terlabih dahulu, termasuk Arahan baik dari kepala sekolah maupun dari guru pembingbing dan Komite sekolah, yang di laksanakan di Aula Olah raga SMK N1 Ciamis, Rabu 27-9-2023.


Dari jumlah 552 siswa/ siswi yang akan melaksanakan Magang/ PKL,  Kepala Sekolah SMKN 1 Ciamis Dra.Hj Nunung Erni N yang di damping guru pembingbing dan Komite sekolah mengatakan, Mereka yang akan di berangkatkan untuk Magang /  PkL, semua Siswa/ siswinya diberikan pembekalan  dan yang menjadi apresiasi sekolah, bahwa seluruh siswa siswinya telah didaftarkan dan mendapatkan Jaminan perlingungan Sosial selama Magang / PKL 6 bulan, yang melalui kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan wilayah kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran dengan  Program Jaminan kecelakaan dan Kematian.Kata Nunung.


Beliau menambahkan maksud dan tujuannya yakni memberikan Rasa aman dan nyaman pada siswa siswinya ketika menjalankan tugas kewajiban dalam melaksanakan magang/ PKL di tempat anak anak berada, program kerjasama ini sekolah SMKN 1 ciamis  sudah kami rencanakan, apalagi sebelumnya kami sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan untuk anggaran biaya siswa yang di daftarkan ke BPJS Ketenagakerjan, kami sekolah bekerjasama dengan orangtua siswa dan Komite sekolah, terangnya.

Photo bersama Siswa/ siswi berprestasi
  


Selanjutnya dari Pihak petugas  BPJS ketenagakerjaan wilayah Priangan Timur Ilham Fathurahman, menuturkan pada awak media Mejajahijau.net, bahwa SMKN 1 Ciamis merupakan Sekolah pelopor pertama di wilayah priangan timur yang menjaminkan anak didiknya yang akan melaksanakan Magang / PKL untuk di daptarkan Ke BPJS Ketenagakerjaan program kematian dan kecelakan selama 6 bulan menjalankan Magang/ PKL, yakni dari tanggal 2 oktober 2023 - 31 Maret 2024, ini sangat  luar biasa menurut Ilham, karena begitu besar perhatianya sekaloh terhadap siswa siswinya yang akan melaksanakan  Magang / PKL baik diluar kota maupun di dalam kota. Tuturnya.


Intinya 552 siswa SMKN 1 Ciamis yang sudah didaftarkan pada kami melalui jaminan perlindungan  BPJS Ketenagakerjaan, mereka selama magang itu merupakan termasuk dalam segmen peserta bukan penerima Upah melainkan peserta biasa, jadi selama 6 Bulan selesai melaksanakan PKL/  Magang secara otomatis program perlindungan jaminanan / kartu BPJS nya tidak aktif, dan tidak akan menjadi beban atau Tunggakan di kemudian hari. Jelasnya.

 552 siswa siswi PKL SMK N 1 CIAMIS
          


Di kesempatan waktu yang sama pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan Apresiasi Berupa hadiah hiburan bagi ke 3 siswa siswi pemenang Game dan juga pemberian Kartu BPJS ketenagakerjaan secara simbolis kepada Sekolah SMK N1  Ciamis yang di terima langsung Kepala sekolah dan perwakilan siswa siswi peserta PKL, kegiatan ini di hadiri, komite sekolah, Guru guru pembingbing siswa, perwakilan Dinas tenaga kerja Provinsi Jawa barat. ( WAN )