DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

27 March 2017, 14:23 WIB
Last Updated 2017-03-27T07:23:22Z
BIROKRAT

7 Juta Blanko e-KTP Siap Cetak Awal April

Advertisement
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Foto: Ist)
MEJAHIJAU.NET, Jakarta - Sebanyak tujuh juta lembar blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP siap dicetak pada awal April 2017.

Diharapkan akhir April blanko e-KTP sudah dapat didistribusikan ke daerah-daerah secara bertahap, terutam daerah yang paling banyak Namun, akan diprioritaskan untuk daerah yang sudah banyak merekam data warganya.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, 27 Maret 2017.

"Mudah-mudahan awal bulan sudah mulai cetak, dan pada akhir April secara bertahap dapat kita distribusikan ke daerah-daerah, terutam daerah yang paling banyak kekurangan blanko,"  ujar Tjahjo Kumolo.

Keterlambatan pencetakan terjadi, kata Tjahjo, karena pada lelang Desember 2016, tidak ada perusahaan yang lulus secara teknis. 

Kali ini memang Kemendagri terkesan hati-hati, mengingat proyek pengadaan e-KTP sebelumnya telah masuk ranah hukum dan diindikasikan kuat terjadi korupsi besar-besaran yang melibatkan kalangan eksekutif, legislatif dan juga kalangan swasta.

Namun Tjahjo Kumolo kini berharap blanko e-KTP sudah dapat dicetak kembali awal April ini. Kemendagri katanya, sudah meneken kontrak dengan perusahaan pencetak blanko setelah berkonsultasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Konsultasi itu dilakukan untuk memastikan harga pasaran untuk pencetakan satu blanko e-KTP.



.sev/me