DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

13 January 2020, 16:34 WIB
Last Updated 2020-01-13T12:10:25Z
BIROKRAT

Gula Semut, Asli Desa Binangun

Advertisement
( Wisata Lembah Pajamben Desa Binangun Kota Banjar )


MEJAHIJAU.NET, BANJAR - Desa Binangun merupakan Desa yang terletak diKecamatan Pataruman Kota Banjar. Desa yang satu ini lain dengan Desa desa  yang ada di Kota Banjar, selain memiliki panorama alam yang indah Desa Binangun juga memiliki ciri khas produk olahan masyarakat yang di sebut Gula Semut.

Gula semut sudah dipasarkan sampai keluar jawa, hal itu di katakan Asep, Selaku Sekdes Binangun saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at(10/1/2020) .

Menurut Asep, Seiring gempuran ideologi individualis khas perkotaan yang kini mulai memasuki desa, namun desa Binangun tetap terjaga kearifannya. Terlebih ketika desa dipaksa berhadap-hadapan dengan kota dalam pertarungan pembangunan, tetap saja desa Binangun hingga kini memiliki cara sendiri untuk bertahan. 

"Sebaliknya, setelah hadir Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yang ada justru fajar politik pembangunan desa telah terbit dan saatnya desa membangu. Nah Bertolak ukur pada UU Desa No 6 Tahun 2014 ini Desa Binangun mencoba menata sekaligus berbenah untuk menuju Desa Mandiri dengan mengakses semua aset, baik aset gerak maupun aset tidak gerak",Ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Binangun Suharjono menambahkan, bahwa membangun Desa berarti membangun daerah pinggiran yang memiliki basis teori struktural pada tradisi maxian-economics, dimana frasa populer tersebut mencoba membenturkan antara wilayah Kota dan Wilayah Desa untuk memicu munculnya terma "ekonomi Rakyat atau kemandirian ekonomi.

"Kita patut mengapresiasi pemerintah atas terbitnya Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, Sebab melalui salah satu dampak turunan undang-undang tersebut,  kami yakin dana desa bisa dirasakan ke ribuan desa termasuk kami Desa Binangun. Dengan dana desa, kini setiap desa telah memiliki otoritas hingga menjadi lebih bertenaga karena dapat mengelola anggaran sendiri", Jelasnya.

Jono menjelaskan, selain industri rumahan Gula Semut, Desa Binangun juga memiliki nuansa alam yang sedang di benahi yaitu Lembah Pajamben.

"lembah pajamben memiliki nuansa alam semi hutan, Melalui Pemerintah kota Lembah Pajamben trus di persolek, di tata sedemikian rupa dengan tujuan Lembah Pajamben mampuh menjadi salah satu destinasi Wisata alam di Kota Banjar",Pungkasnya.(AO/TT)