DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar

DCS ( Daftar Calon Sementara ) anggota DPRD Kota banjar
KPU Kota Banjar

17 March 2020, 12:46 WIB
Last Updated 2020-03-17T05:46:42Z
BIROKRAT

Keberhasilan BMP menjadikan Desa Mekarharja Menuju Desa Mandiri

Advertisement
( Gedung Sekretariat BUMDes Mekar Pratama Desa Mekarjarja )

MEJAHIJAU.NET, BANJAR - BUMDes Mekar Pratama (BMP), Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, telah berhasil meningkatkan Penghasilan Asli Desa (PADes) dan sudah siap menuju Desa Mandiri.

Ditengah mangkraknya BUMDes di desa-desa yang ada di Kota Banjar, Desa Mekarharja semakin optimis menuju Desa Mandiri dengan kesuksesannya dalam mengelola BMP.

Menurut Hendi Sumantri, Kepala Desa Mekarharja mengatakan mangkraknya BUMDes di desa-desa yang ada di Kota Banjar tidak menjadi alasan untuk berhenti berinovasi untuk lebih memajukan BMP yang sudah sangat membantu PADes Desa Mekarharja.

"Pengelolaan BMP di Desa Mekarharja masih sangat membantu PADes Desa sehingga ketika banyak Desa yang mangkrak akan BUMDes nya Desa Mekarharja enjoy aja, tapi bukan berarti kita akan berhenti berinovasi untuk lebih meningkatkan BUMDes", Ujarnya, Senin, 16/03.

Hendi menambahkan, cara-cara pengelolaan  BUMDes supaya bisa lebih aman, meningkat dan mampu mendobrak PADes yang kerap menjadi alasan Desa lain ketika menuju Desa mandiri.

"Untuk pengelolaan supaya aman, meningkat dan maju kuncinya jujur, teliti, dan terus berinovasi untuk membantu kesejahteraan masyarakat dalam mengelola BUMDes", Paparnya.

Hendi juga menyebutkan bidang pengelolaan BMP ini menggunakan Aplikasi supaya bisa terawasi dengan baik dan aman dari oknum yang ingin menyalahgunakan anggaran BUMDes itu.

"Dalam pengelola pencatatan nya kita menggunakan aplikasi sehingga bisa terawasi untuk penggunaan/pemasukan BUMDes ini", Tuturnya.

Hendi mengungkapkan, kegiatan BumDes memang masih dengan Simpan Pinjam, namun sangat membantu untuk mendobrak PADes yang terus meningkat, dan di BMP Sistem Simpan Pinjamnya Syari'ah.

"Memang yang masih sangat tinggi membantu meningkatkan PADes masih dengan Simpan Pinjam tapi di BMP dengan Simpan Pinjam Syariah sehingga tidak terlalu membebankan masyarakat Desa Mekarharja", Tandasnya.

Lebih lanjut Hendi menambahkan, dengan kemajuannya BMP sekarang ia berharap supaya bisa terus di kelola dengan baik oleh pemerintahan Desa dikemudian hari dan terus berinovasi untuk menjadikan Desa Mekarharja menjadi Desa Mandiri.

"Ya saya harap keberhasilan ini bisa dilanjutkan   terus kedepannya supaya bisa mensejahterakan masyarakat Desa Mekarharja dan menjadikan Desa Mekarharja Desa Mandiri", Pungkasnya. (BM)