28 August 2023, 23:48 WIB
Last Updated 2023-09-04T13:51:20Z
Headline

Jalan Usaha Tani Desa Purwodadi Ciamis Disoal Warga

Advertisement

 


Ciamis, Mejahijau.net - Pantauan lapangan jalan yang baru dibangun nampak sudah mengelupas dan retak - retak selain itu ada beberapa item yang tidak di pasangkan dengan alasan tidak dianggarkan. 


Salah seorang pengendara roda dua yang biasa melalui jalan tersebut, saat ditanya  mengatakan kondisi jalan itu baru diperbaiki dengan di cor tapi kini sudah kembali rusak.


" Sebelumnya rusak berlubang kemudian ditambal menggunakan coran. Tetapi sekarang ya rusak lagi. Padahal ini di cor sebulan yang lalu," katanya  Senin 28/8/2023



Mijo Yunus selaku Kesra Desa Purwodadi  menanggapi terkait jalan tersebut menurutnya karena faktor alam

 

" seharusnya kemarin itu begitu selesai di cor harusnya di siram aspal supaya tidak terkelupas tapi kan untuk aspal tidak dianggarkan," ujarnya.


Lebih jauh Mijo juga menyayangkan dengan minimnya kesadaran masyarakat dia berharap disepanjang jalan yang baru dicor seharusnya disirami air karena cuaca kemarau. " Harusnya masyarakat juga mau menyirami supaya tidak terlalu kering coran nya, sekarang kan cuaca nya kemarau," ungkapnya  


Menurut Sekdes Purwadadi, Cicih, membenarkan jalan tersebut rusak dan sudah belah, ia menilai kesalahan dari pihak warga karena jalan tersebut masih baru tapi sudah digunakan oleh warga. “Karena kekuatannya kan belum terlalu kering, tapi sudah dipakai lewat mobil. ya namanya juga warga soalnya kan kita gak harus dijagain terus,” kata Cicih ketika dihubungi.


Selain itu, ia mengaku kerusakan jalan tersebut akibat kualitas material pasir yang digunakan tidak sesuai. “Karena pada saat itu pada kosong  di materialnya saat belanja sementara yang kerja diam (nganggur)” katanya.


Adapun kepala desa Purwadadi, Marhani menyebut akan memperbaiki jalan yang sudah rusak dengan cara mengaspal walaupun sebelumnya tidak ada dalam perencanaan awal.


“Besok hari sabtu mau saya perbaiki, saya sudah beli aspal 5 drum dari Cilacap jawa tengah, tenang aja kalau bangunan kurang bagus saya Bagusin. Apapun,” ujarnya.


Menurut dia, satu drum aspal ia membeli dengan harga 2,5 juta artinya 5 drum aspal seharga Rp 12,5 Juta dan sudah termasuk pajak. “Itu yang bagus yang original, yang murah juga ada yang harga Rp 1.6 ada rupa-rupa, Kalau dulu saya beli ketipu, belinya Rp 2 juta lebih datangnya aspal no 3, sekarang jangan rame-rame saya juga minim,” pungkasnya. (DU).